Sumur Air Tanah



Di Indonesia air tanah menjadi salah satu sumber air yang sering digunakan oleh sebagian besar masyarakat. Air yang berada di lapisan bawah permukaan tanah ini cara pengambilan airnya yang sudah mudah baik dengan menggali sumur atau menggunakan bor.

Namun perlu diketahui bahwa ketinggian air atau posisi air tanah di setiap wilayah berbeda antar satu sama lain. Hal ini disebabkan posisi air tanah itu sendiri tidaklah rata namun tergantung dari tebal tipisnya lapisan permukaan tanah di atasnya serta kedudukan lapisan air tanah di dalam tanah itu sendiri.

Hal ini cukup menyulitkan dalam mengukur ketinggian air tanah. Ketinggian air tanah harus selalu diukur dan dipantau agar air tanah ini tidak habis sehingga lapisan tanah diatasnya tidak ambles. Selain itu juga untuk menjaga ekosistem tanah lapisan bawah.

Apabila air tanah sudah habis, maka lapisan tanah dapat menjadi kering sehingga tidak dapat digunakan lagi. Oleh sebab itulah, melakukan pengukuran ketinggian air tanah sangatlah penting.

Pada era teknologi seperti saat ini untuk mengukur ketinggian air tanah sangatlah mudah untuk dilakukan. Kita dapat menggunakan real time water level monitoring untuk mendeteksi, mengukur dan memantau ketinggian air. Water level dapat melakukan pengukuran jangka panjang karena telah dilengkapi dengan logger yang dapat menyimpan data dengan jangka waktu hingga tahunan. 

Pemantauan pasang surut dapat dilakukan tanpa harus datang ke lokasi karena dapat dilakukan dimana saja dengan cara mengakses data yang dikirim melalui sensor yang terpasang di lokasi sumur setempat. Data ketinggian muka air sangat mudah dibaca dengan menggunakan PC atau pun telepon android melalui jaringan internet.

PT Luwes Inovasi Mandiri merancang water level monitoring system berbasis web untuk mendeteksi ketinggian air tanah dan dapat diintegrasikan dengan berbagai jenis sensor lainnya juga early warning system. 

Luwes Water Level Monitoring Generasi Terbaru memiliki rancangan yang lebih ringkas, bekerja dengan daya yang jauh lebih hemat, baterai yang mampu bertahan selama 3 bulan. Perangkat ini ringan dan mudah diaplikasikan di berbagai jenis area dan kondisi, dengan rentang pengukuran hingga 10 meter diatas permukaan air. 

Pages